Selasa, 07 Mei 2019

Bunsay Materi #2 Melatih Kemandirian Anak


Mengapa melatih kemandirian anak itu penting ?

    Kemandirian anak erat kaitannya dengan rasa percaya diri. Sehingga apabila kita ingin meningkatkan rasa percaya diri anak, mulailah dari meningkatkan kemandirian dirinya.

Kemandirian erat kaitanya dengan jiwa merdeka. Karena anak yang mandiri tidak akan pernah bergantung pada orang lain. Jiwa seperti inilah yang kebanyakan dimiliki oleh para enterpreneur, sehingga untuk melatih enterpreneur sejak dini bukan dengan melatih proses jual belinya terlebih dahulu, melainkan melatih kemandiriannya.

Kemandirian membuat anak-anak lebih cepat selesai dengan dirinya, sehingga ia bisa berbuat banyak untuk orang lain.


➤ Kapan kemandirian mulai dilatihkan ke anak-anak?

 Sejak mereka sudah tidak masuk kategori bayi lagi, baik secara usia maupun secara mental. Secara usia seseorang dikatakan bayi apabila berusia 0-12 bulan, secara mental bisa jadi pola asuh kita membiarkan anak-anak untuk selalu dianggap bayi meski usianya sudah lebih dari 12 bulan.

Bayi usia 0-12 bulan kehidupannya masih sangat tergantung pada orang lain. Sehingga apabila kita masih selalu menolong anak-anak  di usia 1 th ke atas, artinya anak-anak tersebut secara usia sudah tidak bayi lagi, tetapi secara mental kita mengkerdilkannya agar tetap menjadi bayi terus.


➤ 3 Hal pada diri orangtua yang mutlak diperlukan dalam melatih kemandirian anak adalah :

  1.  Konsistensi
  2.  Motivasi
  3.  Teladan
 ➤ Dukungan - dukungan untuk melatih kemandirian anak
  1.  Rumah harus didesain untuk anak-anak
  2.   Membuat aturan bersama anak-anak
  3.  Konsisten dalam melakukan aturan
  4.  Kenalkan resiko pada anak
  5.  Berikan tanggung jawab sesuai usia anak

Ingat, Kita tidak akan selamanya bersama anak-anak. Maka melatih kemandirian itu adalah sebuah pilihan hidup bagi keluarga kita.

 

Sumber bacaan :
Institut Ibu Profesional, Bunda Sayang, antologi, gaza media, 2014 Septi Peni, Mendidik anak mandiri, pengalaman pribadi, wawancara_ Aar Sumardiono, Ketrampilan dasar dalam mendidikan anak sukses dan bahagia, rumah inspirasi. 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ibu Profesional

Game Level 1 : Komunikasi Produktif#2