Selasa, 07 Mei 2019

Bunsay Level 2 : Melatih Kemandirian Anak #1

Untuk Kelas Bunsay kali ini pada Game Level 2 adalah tentang Melatih Kemandirian Anak, partner dalam melaksanakan tantangan ini tentu saja sang kesayangan yang lagi amat sangat berkembang dari segi bahasanya alias lagi senang bercerita. Usianya 5 tahun di bulan juli nanti "Kanaya Tsabita"






Daftar skill kemandirian apa saja yang akan dilatih :



sebenarnya banyak yang ingin dilatih, tapi setelah menimbang-nimbang, saya akan fokuskan terhadap 4 skill ini terlebih dahulu. yaitu :

1. Makan sendiri
2. Mandi Sendiri
3. Membersihkan diri setelah Buang Air Besar
4. Tidur Sendiri

semoga Allah memudahkan semua proses latihan kemandirian ini


1. MAKAN SENDIRI

Belajar Makan Sendiri untuk seorang Naya sudah mulai diajarkan sedikit demi sedikit dari usianya 3 tahun. Namun berbagai faktor seperti : Mamak yang tidak sabaran, Makan yang berantakan, Makan yang gak habis, makan dipilih-pilih (terutama sayur sawi), dan alasan-alasan lainnya yang seharusnya Mamak lebih banyak bersabar dalam membersamai makan nya. 


-Motivasi Makan Sendiri-

Melatih Naya untuk mau makan sendiri ini dimulai dengan sounding untuk segera mulai makan sendiri. Motivasi terbesar saat ini yang coba Mamak suntikan antara lain karena sebentar lagi Dia akan berulang tahun yang kelima di bulan juli nanti, dan Ia akan naik tingkat ke kelas B dimana di kelas B nanti semua murid harus sudah bisa mandiri salah satunya adalah makan sendiri. 


Selama masa pelatihan kemandirian ini, Mamak mulai mengobservasi Naya untuk Makan sendiri sejak 26 April - 28 April 2019 .  
Dalam tiga hari itu Naya belum berhasil 100% untuk makan sendiri.
Sarapan pagi adalah yang seringkali gagal untuk dilaksanakan mengingat waktu yang terbatas karena akan berangkat sekolah. sehingga sambil naya pakai baju sendiri setelah mandi, mamak sambil menyuapinya agar cepat dan tidak terlambat. Sungguh Mamak belum baerhasil management waktu di pagi hari.

Untuk Makan siang dan makan malam, Naya alhamdulillah berhasil makan sendiri. Mamak masih turut membantu memilah daging dan duri saat dese makan ikan. Dan tentu saja Mamakpun masih membantu menghabiskan makanan ketika dia sudah mengeluarkan statement penutup
"Bunda.... Kenyaaang"
ketika statement itu sudah terlontar, jurus merayupun seringkali mamak keluarkan
" Hayoo habiskan, Bunda ambilkan makannya sedikit loh itu.."
sambil mengeluarkan jurus merayu yang terkadang berhasil tak jarang juga gagal dan berakhir dengan menyuapinya atau Mamaklah yang menghabiskannya.


➤ Apresiasi Kemandirian

Untuk memberikan motivasi dan semangat agar Naya mau makan sendiri sampai habis dan bersih antara lain dengan memberikan pujian
" Masya Allah, Tabarakallah.. anak Bunda pinter makan sendiri dan habis" 
dan tak jarang juga apresiasinya yaitu dengan memberikan Es Krim atau Coklat Kesukaannya.









#hari1 (sesuaikan hari tantangannya)
#gamelevel2
#tantangan10 hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ibu Profesional

Game Level 1 : Komunikasi Produktif#2