Selasa, 07 Mei 2019

Bunsay Level 2 : Melatih Kemandirian Anak #4

MELATIH KEMANDIRIAN ANAK : MOGOK MAKAN & MEMBERSIHKAN PERALATAN SENDIRI


Adakalanya Naya mogok makan, tidak mau makan sendiri atau bahkan tidak mau menghabiskan makanannya. Mamak harus punya stok jurus dan stok sabar yang banyak dalam menghadapinya.
Salah satu jurus yang Mamak gunakan dalam meghadapi si bocil yang mogok makan atau gak mau menghabiskan makanannya adalah dengan menonton video atau melihat gambar-gambar anak yang kurus dan kelaparan.

N : Bun, Naya gak mau makan
B : Kenapa?
N : lagi bosen aja
B : Naya inget gak video yang kemaren kita lihat itu yang anak-anak kecil kuru, nangis, gak punya baju, gak punya rumah, gak bisa makan, mereka sedih..
Mereka pengen nangis kelaperan tapi gak bisa makan karena gak punya makanan
N : kenapa?
B : iya karena mereka gak punya uang untuk beli makanan. Nah, Naya yang udah dikasih Allah Makanan harusnya seneng dan bersyukur bisa makan. Jadi harus dihabiskan makanannya.
N : hmm...
B : mereka pengen makan, mereka berdo'a "Ya Allah aku lapar.. tolong kasih makanan "
N : mereka sedih ya bun gak bisa makan
B : iya, udah ayo naya makan ya
N  : sambil mulai nyuap pelan2
Alhamdulillah...


TIPS Menghadapi Mogok makan Naya yang lain adalah menyediakan makanan kesukaannya yang dimakan bergantian dengan menu utama yang dimakannya.

 Makanan penyemangat Naya makan antara lain puding, jeruk dingin, semangka dingin, melon dingin, es krim, es teh manis, pokonya dengan syarat harus dingin. Bahkan terkadang diiming-imingi es batu sebagai penyemangat makannya.






perkembangan latihan kemandirian yang meningkat dalam 3 hari ini adalah kemauan Naya untuk membersihkan peralatan makannya sendiri. 
Ia sudah mulai mau untuk mencuci piring sendiri yang terbuat dari plastik atau melamine. Dan sudah mau untuk membersihkan meja makan sendiri.
Alhamdulillah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ibu Profesional

Game Level 1 : Komunikasi Produktif#2