Kamis, 20 Februari 2020



KULIAH BUNDA SAYANG #5

Ibu Profesional Jakarta - Banten

FITRAH SEKSUALITAS

20 Februari - 8 Maret 2020

 

Alhamdulillah Bunsay memasuki materi Level 11. 

Materi Level 10 kemaren Aku bolos gak ngerjain sama sekali. Mendongeng sih iya buat si bocil tapi itu yah yang membuat laporan T10H amat sangat malas sekali. 

Memasuki Level 11 ini double-double ternyata.Tugas Kelompok Presentasi, Tugas Masing-masing dan juga tugas sebagai Korlan. 

Masya Allah Tabarakallah...

 

Tantangan Pertama : 

Di Level ini kita dibentuk ke dalam 10 kelompok, dan masing-masing kelompok harus Presentasi.. 

  • Day 1 - Kamis, 20 February 2020 [Kelompok 10] Ketika Anak Bertanya 

  • Day 2 - Jumat, 21 February 2020 [Kelompok9] Peran Lingkungan dan Perlindungan dari Kejahatan Seksual 

  • Day 3 - Sabtu, 22 February 2020 [Kelompok4] Peran ayah dalam pengasuhan untuk membangkitkan fitrah seksualitas 

  • Day 4 - Minggu, 23 February 2020[GFOS] 

  • Day 5 - Senin, 24 February 2020 [Kelompok1] Pemahaman Perbedaan Gender 

  • Day 6 - Selasa, 25 February 2020 [Kelompok6] Pengaruh Media Digital terhadap Fitrah Seksualitas 

  • Day 7 - Rabu, 26 February 2020 [Kelompok3] Peran orang tua dalam membangkitkan fitrah seksualitas 

  • Day 8 - Kamis, 27 February 2020 [Kelompok7] Menjaga Diri dari Kejahatan Seksual 

  • Day 9 - Jumat, 28 February 2020[Kelompok5] Pentingnya Aqil dan Baligh Secara Bersamaan 

  • Day 10 - Sabtu, 29 February 2020 [Kelompok2] Pendidikan fitrah seksualitas sejak dini 

  • Day 11 - Minggu, 01 Maret 2020 [GFOS] 

  • Day 12 - Senin , 02 Maret 2020 [Kelompok8] Penyimpangan Seksualitas, Pencegahan  dan Solusinya

     

     

     

Presentasi Pertama ini dibawakan oleh Kelompok 10. yang terdiri dari : 

@Saufa Aulia @Tini Nana @Dianti Oktaviani @Hafifah @Mulyanah Umi Ayunda Ip Banten @Shanti Nur Oktavia 

Ketika Anak Bertanya...

Rasa Ingin Tahu yang  Besar Pada Anak seringkali menjadi Petasan yang meledak-ledak bagi Bunda ketika mendengarnya. 

PR Besar bagi orangtua untuk dapat mempersiapkan diri dalam menjawab rasa ingin tahu mereka. Sebagai Orangtua saat ini banyak fasilitas untuk meng - UPGRADE dan UPDATE diri. Intinya Jangan MALAS untuk terus belajar lagi dan lagi...

Jangan sampai karena dianggap suatu yang tabu sehingga kita tidak mau memberikan edukasi kepada buah hati kita tersayang.


Vera Itabiliana, seorang psikolog anak mengatakan, secara garis besar, ada beberapa poin yang perlu diterapkan saat menjawab pertanyaan dari anak  

  • Tanya balik: memberi kesempatan kita untuk menenangkan diri, dan supaya kita tahu sudah sejauh mana pengetahuan anak serta supaya kita juga tahu kata atau istilah apa yang bisa kita pergunakan dalam menjelaskan jawaban nanti 

  • Terbuka dan jujur; tidak mengarang/berbohong. 

  •  Mulai dari yang umum, berkembang mengerucut mengikuti pertanyaan/ komen anak. 

  • Gunakan bahasa sederhana. Berikan jawaban secukupnya, tidak lebih atau kurang. 

  •  Gunakan buku, gambar, internet, dll. 

  •  Ganti topik jika anak sudah terlihat puas. 

  •  Akui jika tidak tahu dan ajak anak untuk cari tahu bersama


Beberapa Referensi dari kelompok 10  yang dapat digunakan antara lain : Untuk lebih mengenal edukasi seks, ada video dari Tanam Benih Foundation yang bisa disimak dan dipelajari 

  https://youtu.be/vVWJpqbXRWQ

Ada juga buku digital " Anak Anda Bertanya Seks"

https://www.myedisi.com/khazanahintelektual/3067/preview

 

 

 

 

 Untuk resume tanya jawab di WAG, berikut datanya:
#tanya Sulaim_kelompok 8
usia berapa wajarnya untuk mengenalkan sex education ke anak? dan hal apa dulu yang sebaiknya dikenalkan, apakah menunggu anak "kepo" dahulu dengan bahasan yg menyinggung seksualitas?
Jawab:
Sependek pengalaman saya, saya memulai di usia 5 bulan, saat anak saya masih pake clodi, dan pup saya selalu membiasakan cebok di kamar mandi dan pintu ditutup, ini hal
kecil yg saya mulai, dan krn pembiasaan jd anak saya dr usia 6 bulan kalo pup harus ke kamar mandi.
Bahkan ada yang pengalaman pribadinya mulai mengenalkan ke anak ketika anak mulai ngoceh, sekitar usia 18 bulan mulai mengenalkan nama organ genitalnya.
Kalo mengenalkan, ada juga yang berpendapat saat dia bisa ngomong dan mengerti perintah, misal tepuk tangan dia ikuti, nah kala itu K1 usia 14 bulan dan K2 usia 12 bulan krn ngomong lebih cepat K2, saya kenalin, ini mata, ini tangan, ini vagina tempat pipis.
 
#tanya Tya_kelompok5
Apa yang bisa dilakukan agar anak tidak mengekspos ke luar atas apa yang sudah diketahui tentang sex education? Maksudnya, misal dia sudah tau nih ttg ciuman, hubungan suami istri, dsb. Nah biasanya anak kalau udh tau tentang hal baru gitu itu kan jadi suka ngomongin ttg itu trs. Bahkan kadang bablas sampai di tempat publik. Sedangkan org2 di luar sana kan blum semua ngeh ttg sex education/ menganggap hal tsb tabu buat diucapkan oleh anak kecil.
Jawab:
Kalo saya membiasakan diantara kita ada kode, jd kode rahasia, kode lucu, kode no ghibah, jd kita punya rahasia yg hanya kita ber 4 yg boleh tahu, dan ini cukup efektif di keluarga kami, misal bahas rambut  kemaluan yg ga sengaja K2 lihat, nah ini rahasia kita ya, jgn cerita ke yg lain, krn kasian org nya. 
Kode nya kalo utk no ghibah saya pake satu 1 telunjuk, anak2 tahu kalau mereka ngobrol kebablasan hampir ngomongin temen nya
Kalo kode lucu, dan itu boleh diceritakan kita pake kode ini sambil ketawa
Kalo kode rahasia kita hanya pegang bibir. Ini meminimalisir kalo di area umum, kita harus menasehati kan ga bagus, jadi kita pake kode itu. Jd anak tetap terjaga, cuma ayah sama ibu harus kompak.
 
#tanya Siti_kelompok3
Apa yang harus kita lakukan saat yg kita ajarkan di rumah, anak manut.  Gt main sama teman bawa hal yang baru, misal praktekin buang air kecil berdiri.
(belum terjawab 😅)
 
#tanya Nendah_Kelompok2
Pernahkah bunda mandi bareng anak? Sampai usia berapa anak masih boleh melihat aurat (payudara) mama?
Jawab:
  • Saya pernah mandi bareng sama duo K, tapi saya selalu mengenakan celana dalam dan BH, atau pake baju renang yg lengan pendek sama celana sort, dan anak2 selesai mandi, saya bilasan terakhir nunggu duo K keluar, lalu sampai usia brp masih mandi bareng? Di usia Duo K 4,5th,dan kalo situasi mepet di kolam renang atau wisata air, saya pake metode di atas. 
    Kalau saya buka kecuali cd 🙈 anak laki2 pula. Usia 3,5th. Memang meluncur pertanyaan kok nenen mamah besar? Kok celananya ga dibuka? Saya bisa jawab dan alhamdulillah blm ada pertanyaan lanjutan 🤭. Bagaimana ya.. *sebelumnya mohon maaf

  • Sama kaya anak saya bun, sudah mulai kritis, alasan biar sekalian mandinya biar ga repot dll 😄🙈 tapi saya pernah mandi pake baju karena dia keukeuh harus bareng, disitu dijelaskan bahwa itu aurat yg harus ditutup. Tidak boleh orang lain melihat,  dia jawab oh Allah ya yang ga bolehin, dan saya mengiyakan begitu, trus di sounding aja terus terusan,
    Kalo melihat payudara pastinya kan selama periode asi eksklusif, anak akan tetap melihat PD ibunya. Maka usia 2 tahun saya pun menjadikannya patokan, anak boleh melihat aurat orang tua. Selebihnya usia 3 tahun ke atas, sebaiknya anak sudah dibatasi tentang aurat orang tua.
     #tanya Mutia_Kelompok1 Anak saya laki2 usia 4th, kadang mandi bareng dg ayahnya, apakah masih boleh?
  • Jawab: Saran saya boleh mandi bareng tp ayah pake celana dalam ya, krn nanti urusan nya ke aurat, dan memuliakan harus menjaga aurat
    Tanya Nisya_kelompok 4 Bagaimana jika anak adik laki-laki ikutan mandi bareng dengan kakaknya perempuan yg semuanya usia balita? Jawab: Kebetulan 2 anak saya juga pernah mandi bareng kakaknya laki-laki 3y adik perempuan 1y.  Karena alasan repot jd dibarengi mandinya, tapi sekarang  3.5 tahun sudah mengerti dan mulai banyak pertanyaan kritis jd skrg mandi dipisah, dan harus dipisah, pernah mandi bareng karena urgent si dd saya mandiin masih pake cd, setelah kakaknya selesai duluan baru saya buka cd nya  dan mandi ulang🙈 Mengapa Sebaiknya dipisahkan? utk mengajarkan batasan aurat yang boleh dan tidak boleh dilihat oleh org lain meski saudara sekandung.
    #hari1 #gamelevel11 #tantangan10hari #FitrahSeksualitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ibu Profesional

Game Level 1 : Komunikasi Produktif#2