Rabu, 04 Januari 2012

Online Shop



Berawal dari melihat pict di Display Picture (DP) Blackberry adik sepupuku, aku mulai tertarik dengan jualan online via BBGrup.
agak ragu sih, antara malu dan pengen. tapi aku coba saja nego adik sepupuku agar aku jadi resellernya. dengan mengambil barang dari BBG nya dia, lalu aku jual lagi di lapakku dengan aku membuat BBG baru. yang aku beri nama lapak di BBG ku ini "Diez Shop". Sistem yang digunakan dalam online shop ini adalah Dropship. dengan sistem booking cepat-cepatan. setelah barang dapat (dibooking) lalu uang ditransfer ke supplier dan barang dikirim langsung dari agent ke customer melalui JNE.
mesti hati-hati nih jualan pake sistem kayak gini. karena sudah banyak kasus penipuan menggunakan sistem online shop seperti ini.
perjalanan onlineshop inipun tidak semudah yang dibayangkan karena seringkali kehabisan barang karena kalah cepat utk booking barangnya, so.. kehabisan deh. untuk itu solusinya adalah aku coba berselancara di dunia maya, untuk mencari grosir2 lain yang ada sistem online dropship yang sama, tanpa harus aku stock (karena selain belum punya cukup modal untuk stock barang, sistem stock juga harus punya tempat untuk menyimpan barang-barang tsb, dan risiko terbesarnya adalah gak semua barang yang kita stock itu akan habis terjual) ^_^ bisa rugi aku bo' =P

Cari dan mencari terus di dunia maya, akhirnya aku menemukan beberapa grosir online shop yang kemudian aku add pin BB nya. dan alhamdulillah berhasil terjadi perputaran uang beberapa kali.
namun bisnis ini juga tak lepas dari satu risiko lainnya. bahwa barang yang ada di foto ternyata tidak sesuai dengan barang yang diterima.
Sebenarnya pengalaman ini sudah pernah aku dapatkan juga beberapa waktu yang lalu, aku pernah membeli sebuah baju batik dari FB, di foto itu keren banget, tapi kenyataanya pada saat barang aku terima, tidak sesuai dengan yang ada di foto, warnanya lebih gelap dan motifnya pun tidak sesuai, gak sekeren fotonya. dan aku kecewa.

hal yang sama pun terjadi pada beberapa customerku, ada yang gak muat, ada yang salah kirim warna, dan baru saja kualami lagi kemaren ini, aku memesan sebuah baju long blazer rajut, di fotonya itu keren abis, tapi kenyataannya pada saat aku terima barangnya, oooo... sungguh kecewa ternyata barang nya jelek dan bukan blazer aku bilang sih, tapi cardigan hitam rajut kasar. PARAH. sungguh aku kecewa. customerku juga ada yang memesan 3 sekaligus, padasaat barang diterima, dia langsung BBM aku.
"mba ini barangnya gak salah kirim ya? qo gak sesuai dengan yang difoto yah?"

Dan kalau sudah kayak gini, entah apa yang harus aku perbuat karena sistem online shop kayak gini jarang banget yang mau retur barang.

jadi pengen beralih jualan yang lain. jualan apa yaah???
ada ide???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ibu Profesional

Game Level 1 : Komunikasi Produktif#2